Nyantai ah...

Nyantai ah...
Depan kantor Pemerintah Malaysia 'Putra Jaya" Kuala Lumpur"

29 Juli 2009

Bebaskan Hidup dari rasa Iri dan Cemburu


Bebaskan Hidup dari Rasa Iri dan Cemburu
Ketika Annabelle berada di sebuah coffee shop hotel berbintang menunggu kliennya datang, tiba-tiba lewatlah Tanya, teman kuliahnya bersama anak balitanya yang lucu. Benar-benar pemandangan yang membuat Rita disergap rasa iri....Dengan wajahnya yang cantik, tubuh yang indah plus baju, tas dan sepatunya keluaran brand dari Itali yang terkenal, apalagi yang kurang dalam hidupnya?
Sejak kita kecil, tanpa kita sadari kita sudah 'tercemplung' ke dalam dunia yang penuh persaingan. Entah itu dalam memperebutkan juara kelas di sekolah, mendapatkan pujian dari guru di sekolah dan masih banyak situasi dan kondisi lainnya.
Persaingan seringkali menjadi motivator yang baik untuk melecut kita berbuat yang terbaik. Namun mestilah disadari bahwa kita akan memiliki kesempatan untuk menjadi yang terbaik di bidang yang benar-benar kita kuasai. Tidaklah sehat apabila Anda ingin 'memenangkan' setiap 'kompetisi' karena jika ekspektasi itu muncul, tak jarang Anda akan diliputi oleh rasa kecewa karena sikap Anda sendiri yang tidak realistis. Akibat lainnya, Anda pun akan diselimuti oleh rasa iri dan cemburu yang berlebihan...
Persaingan atau ketidakmampuan yang menyebabkan rasa iri atau cemburu tidaklah sehat jika dibiarkan berlama-lama. Berhati-hatilah, perasaan negatif ini berpotensi menurunkan kepercayaan diri dan menimbulkan rasa stres yang berkepanjangan. Jika Anda belum bisa menghilangkan perasaan cemburu atau iri ini, belajarlah untuk mengontrolnya terlebih dulu
Berikut 3 langkah penting menurut Martha Beck, pengarang buku Finding Your Own North Star, untuk Anda lakukan:
Ceritakan Kegagalan Anda
Buatlah janji bertemu dengan teman-teman dekat Anda. Manfaatkan momen itu untuk saling menceritakan pengalaman dan kegagalan yyang masih belum bisa Anda atasi. Mintalah pendapat mereka mengenai apa yang terbaik dilakukan agar Anda bisa merasa lebih baik. Sharing has the power to heal...
Beri Pujian pada 'Saingan' Anda
Dalam persaingan, hal terakhir yang tidak ingin anda lakukan adalah memuji si saingan apalagi memberikannya semangat. Tapi apabila Anda memberanikan diri untuk melakukannya, Anda akan terkejut melihat reaksinya. Seringkali si saingan malah memberikan reaksi yang menyenangkan, dan bukan tak mungkin Anda bisa berteman baik dengannya dan belajar banyak darinya untuk mendulang sukses!
Daftar 5 Hal Terbaik..
Menurut Dan Baker PhD pengarang buku What Happy People Know, buatlah daftar 5 hal terbaik. Buat secara detail seperti 5 hal terbaik yang pernah Anda lihat, yang pernah dilakukan orang kepada anda, moment terbaik yang pernah Anda alami, dan masih banyak lagi. Coba Anda rasakan kembali bagaimana perasaan anda saat itu. Suatu perasaan yang menyenangkan bukan ?
Ketika Anda sudah menyadari apa sebenarnya yang membuat perasaan iri dan cemburu cemburu itu muncul, akuilah. Selanjutnya, fokuskan diri pada hal tersebut dan cobalah untuk mengontrolnya sehingga tidak berlanjut lebih buruk lagi. You can do it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar